Uncategorized

Cara Mengatasi Anemia Sel Sabit

Cara Mengatasi Anemia Sel Sabit akan diulas pada uraian berikut ini. Namun sebelumnya perlu Anda ketahui bahwa. Penyakit anemia sel sabit merupakan sebuah jenis penyakit anemia yang diakibatkan oleh adanya sebuah kelainan genetik. Pada penderita Anemia Sel Sabit memiliki bentuk sel darah merah yang tidak normal.  Oleh karena itu mengakibatkan pembuluh darah penderita menyebabkan kekurangan darah yang mengandung oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. 

Diagnosis Terjadinya Penyakit Anemia Sel Sabit

Penderita anemia sel sabit akan dilakukan diagnosis terlebih dahulu untuk memastikan kevalidan penyakit ini. Hal yang akan dilakukan pihak dokter adalah dengan melalui pemeriksaan dan melakukan analisa Hb. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan keberadaan hemoglobin cacat atau hemoglobin S yang merupakan penyebab munculnya anemia sel sabit. 

Selain itu pihak dokter juga akan melihat jumlah dari Hb untuk menentukan seberapa berat atau parahnya penyakit anemia ini. Hal tersebut juga berfungsi sebagai  pengarahan pada pemeriksaan selanjutnya terkait jika mengindikasikan akan terjadinya kemungkinan komplikasi.

Proses mendiagnosis anemia sel sabit juga bisa dilakukan pada bayi yang masih dalam kandungan. Proses tersebut dilakukan dengan cara mengambil sampel air ketuban ibu bayi yang berfungsi untuk mencari ada atau tidaknya gen sel sabit pada kandungan tersebut.

IMG_256

Grid.id

Cara Mengatasi Anemia Sel Sabit

Pada kondisi normalnya manusia bahwa bentuk sel darah merah itu bundar sedangkan pada penderita anemia sel sabit, sel darah merah berbentuk seperti sabit yang kaku dan menempel pada pembuluh darah kecil.  Sehingga aliran sel darah merah yang memiliki kandungan hemoglobin untuk mengikat oksigen menjadi terhambat hingga menimbulkan kerusakan jaringan. Berikut ini Cara Mengatasi Anemia Sel Sabit

  • Transplantasi sumsum tulang

Cara Mengatasi Anemia Sel Sabit dan agar bisa menyembuhkan kondisi ini sampai keakarnya adalah dengan transplantasi sumsum tulang.  Cara ini dilakukan dengan menganti sumsum tulang penderita dengan sumsum tulang yang baru. Dimana sumsum tulang tersebut telah dipastikan dapat menghasilkan sel-sel darah merah yang sehat. 

  • Mengatasi krisis dan pemicu munculnya sel sabit 

Untuk mengatasi krisis sel sabit yang paling utama adalah dengan melakukan pengindaran terhadap faktor pemicunya. Beberapa upaya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenakan pakaian yang hangat untuk mengindari badan agar tidak kedinginan.

Kemudian pasien harus berusaha menghindari alkohol dan merokok, kondisi tubuh juga tidak stres. Selain itu juga harus minum banyak agar terhindar dari dehidrasi, Selanjutnya bisa menghindari perubahan suhu secara mendadak, tidak diperkenankan juga melakukan berolahraga berat. 

  • Cara Penanganan nyeri

Untuk meredakan rasa nyeri ketika terjadi krisis sel sabit, bisa dengan Mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit, misalnya saja bisa Anda melakukan kegiatan yang menyenangkan atau hobi seperti membaca buku favorit atau menonton film 

Anda juga bisa mengompres dengan handuk hangat pada bagian yang sakit. Kemudian memperbanyak minum air putih agar tubuh bisa terisi banyak cairan. Hal tersebut berfungsi untuk memperlancar aliran darah yang tersumbat.

Anda juga bisa Mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti paracetamol. Jika rasa sakit belum hilang segera Anda menemui dokter. Pastikan dokter Anda akan memberikan resepkan obat pereda nyeri yang lebih bisa diandalkan.

  • Mengatasi anemia

Cara mengatasi gejala anemia, biasanya dokter akan memberikan suplemen asam folat. Kegunaan suplemen ini untuk menstimulasi produksi sel darah merah. Namun Jika anemia tergolong berat atau sudah parah, maka diperlukan transfusi darah, hal tersebut berguna untuk meningkatkan jumlah sel darah merah.

  • Terapi Hormon

Pada penderita penyakit ini biasanya akan mengalami pertumbuhan yang terhambat. Pada penderita anemia sel sabit usia remaja yang mengalami keterlambatan pubertas, maka dokter mengatasi permasalahan ini dengan memberikan terapi hormon.

  • Konsumsi Antibiotik

Untuk pencegahan terjadinya infeksi maka  dokter akan menganjurkan dan menyarankan para pasien anemia sel sabit, terutama bagi anak-anak, agar mereka tidak lupa untuk diberi vaksin. Selain menggunakan vaksinasi, juga akan memberikan antibiotik penisilin. Sedangkan pasien dewasa penderita pneumonia dianjurkan mengonsumsi antibiotik penisilin seumur hidup.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Anemia Sel sabit serta berbagai Cara Mengatasi Anemia Sel Sabit dan penanggulangan saat penyakit tersebut telah terjangkit pada seseorang

Referensi: alodokter.com, grid.id

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*