Uncategorized

Pengertian CMS dan Beberapa Jenis CMS Paling Populer

Seiring dengan semakin majunya teknologi, pengguna website juga semakin meluas. Website banyak digunakan sebagai ajang berbisnis, promosi, berbagi informasi, dan sarana belajar.

Maraknya penggunaan website tak lepas dari adanya program CMS (Content Management System) yang membantu mereka mengelola website tanpa perlu belajar bahasa pemrograman. Bagi Anda yang masih awam dengan software tersebut, berikut informasi pengertian CMS dan cara mudah untuk mengelolanya.

Pengertian CMS

CMS (Content Management System) merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk mengubah dan mengatur konten digital pada sebuah website. Secara singkatnya, pengertian CMS yaitu perangkat untuk mengelola website.

CMS ini merupakan website setengah jadi, dimana pengguna tidak perlu membuat dari awal dengan melakukan berbagai coding menggunakan bahasa pemrograman, melainkan langsung melengkapi website sesuai dengan tujuan dan keinginan masing-masing dengan menggunakan tools yang telah disediakan. Fitur di dalam CMS meliputi publikasi, history editting, pencarian, indexing, pengturan format dan versi.

CMS memiliki dua tampilan yang berbeda yaitu tampilan admin dan user. Tampilan admin yaitu tampilan untuk pengelola dimana pada tampilan tersebut tersedia berbagai fitur yang berfungsi untuk melakukan perubahan pada website seperti mengubah tampilan, menambahkan atau memposting konten dan menghubungkan database. Tampilan user yaitu tampilan depan yang akan dilihat oleh pengunjung website.

CMS berdasarkan hak lisensinya dibedakan menjadi dua yaitu CMS komersil dan open source. CMS komersil biasanya dikembangkan oleh suatu instansi atau perusahaan yang kemudian dipasarkan untuk mendapatkan keuntungan. CMS open source yaitu software pengelola website yang bersifat gratis yang dapat digunakan oleh setiap orang.

Jenis-Jenis CMS

CMS memiliki perkembangan yang cukup pesat dimana saat ini telah ada sekitar 42 jenis CMS yang telah digunakan oleh masyarakat. Masing-masing CMS memiliki fitur dan fungsi yang berbeda-beda. Bahkan, hampir sekitar 59% dari semua website yang ada merupakan bagian dari software tersebut. Berikut ini beberapa jenis CMS yang paling banyak digunakan.

  • WordPress

WordPress merupakan jenis CMS userfriendly sehingga paling banyak digunakan dengan jumlah sekitar 28% dari total website yang tersebar. CMS jenis ini lebih banyak digunakan untuk membuat blog dengan proses intalasi yang sangat mudah. Website yang satu ini telah terbukti mampu bersaing dan cepat terindeks dalam search engine sehingga sangat recommended untuk pebisnis. Selain itu, WordPress bersifat open source dan mensupport multibahasa jadi dapat menggunakan bahasa sesuai dengan keinginan pengguna.

  • Joomla

Joomla merupakan salah satu jenis CMS yang bersifat powerfull dan kompleks sehingga banyak dimanfaatkan oleh sekolah, perusahaan maupun toko online. CMS jenis ini memiliki tampilan yang dinamis yang dilengkapi dengan berbagai fitur pengaturan konten dan menu yang sangat mudah. Bahkan, website ini menawarkan fitur cache yang dapat digunakan untuk meningkatkan performas web. Sampai saat ini, versi tertinggi dan terbaru dari joomla yaitu versi 3.2

  • Drupal

Drupal menjadi CMS yang terbaik di tahun 2008 meskipun saat ini telah kalah oleh WordPress dan Joomla karena lumayan rumit untuk pemula. Website ini didukung oleh berbagai database seperti PostgreSQL, MySQL, MariaDB dan SQLite sehingga sangat recommended untuk portal berita maupun kegiatan komersil. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki CMS ini yaitu dapat menghasilkan ekstrak file yang ringan sekitar 1-3,3 Mb.

Itulah tadi informasi seputar pengertian CMS dan jenisnya yang plaing banyak digunakan. Pada dasarnya setiap CMS memiliki fitur dasar yang sama yang dapat dipilih sesuai dengan tujuan Anda. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sumber:
https://www.maxmanroe.com/
https://en.m.wikipedia.org/wiki/content_management_system

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*